Monopoli Jadi Cara Cari Tahu Permainan Tuan Tanah

GENIAL. Anak-anak tahun 90-an pasti masih suka memainkan permainan monopoli.  Kalau anak zaman now, mungkin sudah jarang yang tahu.

Dengan bermian monopoli, kalau jenis internasional, kita seakan bisa keliling ke 22 negara, dimulai dari Indonesia dan berujung di Afrika. Kalau monopoli nasional, dimulai dari Monas, berujung di Brastagi dan Danau Toba.

Tapi kamu tahu gak sih, permainan ini merupakan salah satu permainan papan yang paling terkenal di dunia. Tujuan permainan ini adalah untuk menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan.

Nah, kawan, sebelum dunia mengenal monopoli, pada tahun 1904, Elizabeth Magie sudah membuat permainan bernama The Landlord’s Game. Tujuannya untuk mempermudah orang mengerti bagaimana tuan-tuan tanah memperkaya dirinya dan mempermiskin para penyewa.

Keren kan. Permainan ini semacam permainan untuk melawan penindasan Tuan Tanah, hehe.

Namun sayang, dalam jangka waktu enam tahun, tidak ada produsen yang mau memproduksi permainan The Landlord’s Game ini.

Permainan ini mupai diproduksi tahun 1910 oleh The Economic Game Company di New York. Kemudian pada tahun 1913, The Newbie Game Company di London menerbitkan permainan ini dengan nama Brer Fox an’ Brer Rabbit.

Permainan ini kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia. Sebagian kawasan menyebutnya sebagai permainan Auction Monopoly. Kemudian disingkat menjadi monopoly.

Kemudian, Charles Darrow mempelajari permainan ini kemudian mematenkannya. Setelah dipatenkan kemudian dijual kepada Parker Brothers, sebuah perusahaan produsen mainan dari Massachusetts, Amerika Serikat.

Mulai tanggal 5 November 1935,  Parker mulai memproduksi permainan ini secara luas, sampai kita mengenalnya. [pmu]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *