Ketika Abraham Lincoln Jadi Presiden AS untuk Periode Kedua

GENIAL. Tak banyak Presiden Amerika Serikat (AS) yang menjabat untuk kedua-kalinya. Dari 46 Presiden AS, termasuk di dalamnya Joe Biden yang baru terpilih, hanya 10 Presiden yang menjabat satu periode, termasuk di dalamnya adalah Donald Trump.

Di antara Presiden AS yang menjabat dua periode adalah Abraham Lincoln. Tanggal ini, 8 November tahun 1864, Lincoln terpilih kembali menjadi Presiden AS untuk keduanya kalinya. Ia adalah Presiden AS yang ke-16.

Dalam periode pertama, Lincoln berpasangan dengan Wapres Hannibal Hamlin. Sementara dalam periode kedua, Lincoln berpasangan dengan Andrew Johnson.

Lincoln termasuk Presiden AS yang legendaris, dan sangat populer. Politisi Partai Republik ini dikenang sebagai Bapak Demokrasi. Ia juga menghapus perbudakan di AS.

Namun di jabatan kedua ini, Presiden AS yang pernah bekerja sebagai pembelah kayu pagar saat mudanya itu, tak sampai tuntas. Lima bulan setelah menjadi Presiden AS, dia dibunuh saat menonton pertunjukan teater di Ford Theatre, Washington, bersama istrinya, Mary Todd Lincoln.

Pembunuhnya adalah aktor ternama, John Wilkes Booth. Ini merupakan presiden pertama Negeri Paman Sam yang tewas terbunuh.

Lincoln kemudian tercatat bukan saja menjadi orang Republik pertama yang menjadi Presiden AS. Ia juga tercatat menjadi Presiden AS pertama yang tewas dibunuh. Tiga Presiden AS lainnya yang tewas dibunuh adalah Andrew Garfield, William McKinley dan John F. Kennedy. [pmu]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *